Gua Pindul yang nyundul

Gunung Kidul memiliki potensi pariwisata yang tidak diragukan lagi. Wilayah yang tandus dan kering ternyata menyimpan potensi pariwisata yang menarik wisatawan. Goa Pindul salah satunya,  keelokan goa ini telah menarik wisatawan mancanegara maupun domestik. Bisa dikatakan goa pindul ini goa yang nyundul dalam bahasa gaul. Nyundul karena memang menarik  wisatawan dengan menghadirkan wisata berupa susur goa atau cave tubing yang menjadi andalannya.

wisata-gua-pindul

Terletak di Dusun gelaran bejiharjo Wonosari, goa ini memiliki panjang 350 meter, lebar 5 meter.  Jarak permukaan air dengan atap goa sekitar 4 meter dengan kedalaman  air 5-12 meter.  Masuk kedalaman goa pindul anda akan disuguhi batuan indah seperti batu kristal, moonmilk, stalagmit dan stalagtit yang indah dan besarnya ukuran pelukan 3-4 orang  dewasa. Karena besarnya stalagtit ini, maka stalagtit disini  merupakan 4 terbesar didunia.

dalam-gua-pindul

Goa ini memiliki 3 zona, yaitu terang, remang, gelap. Masing masing zona memiliki kekhasan sendiri sendiri. Sebelum berakhir cave tubing, para pengunjung akan sampai ke sebuah ruang goa yang berbentuk vertikal yang memancarkan cahaya indah diatasnya.  Cahaya ini hanya anda bisa nikmati  pada pukul  10-12 siang.  Cave tubing berakhir pada sebuah bendungan yang sudah ada pada zaman Belanda. Menikmati cave tubing goa pindul membutuhkan  waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam. Cave tubing disini relatif aman untuk segala usia karena air di gua ini dari mata air saja dan air mengalir pelan.

batuan-gua-pindul

Karena banyaknya pengunjung ke goa ini, Dinas pariwisata gunungkidul membatasi jumlah pengunjung goa.  Pembatasan kuota kunjungan ini untuk menjaga ekosistem goa agar tetap baik dan sebagai upaya konservasi di lingkungan gua. Pengunjung dibatasi 2600 orang perhari. Pembatasan ini juga mengacu pada dokumen upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantaan lingkungan hidup.  

Masuk ke obyek wisata ini anda akan dikenai tarif retribusi Rp 10000 tiap pengunjung.  Jika ingin masuk goa maka anda harus membayar Rp 40 000 per orang. Dengan harga Rp 40.000 ini sudah termasuk biaya perlengkapan cave tubingnya seperti ban karet, baju pelampung, head lamp, jasa pemandu wisatanya. Harga tiket sewaktu  waktu bisa berubah. Harga tiket berbeda antara hari libur dengan pada hari-hari biasa. Jika datangnya berombongan lebih baik pesan tiket  satu minggu sebelum untuk antisipasi tiket habis. 

Tertarik untuk Explorer dan menikmati cave tubingnya goa Pindul? Pasti seru menikmati cave tubing bersama keluarga ataupun teman. Untuk jasa transportasi menuju wisata gua pindul ini dan juga wisata menarik lain disekitarnya dapat menghubungi Joni Independent Tour, jasa rental mobil resmi dan terpercaya di jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *